Nyamuk Malaria Bisa Menyebabkan Kematian






Malaria adalah penyakit menular yang disebabkan oleh gigitan nyamuk anopheles yang telah terinfeksi oleh plasmodium. yang menimbulkn gejala utama yaitu berupa demam dan menggigil. Penyakit malaria harus ditangani dengan cepat dan tepat karena dapat menimbulkaan komplikasi berat yang dapat menimbulkan risiko kematian. 

Gejala Penyakit Malaria 


Gejala penyakit malaria mirip dengan gejala flu biasa. yaitu Demam yang sangat tinggi, menggigil atau kedinginan, dan kemudian berkeringat. Ketiga gejala tersebut dikenal dengan sebutan Trias Malaria.

Selain itu ada juga gejala malaria yang lainnya seperti sakit kepala, muntah berulang, buang air besar cair dan nyri otot dan sendi. Pada kasus yang berat bisa mengakibatkan mata dan kulit menguning hingga gangguan kesadaran atau koma.

Penyebab Penyakit Malaria


Penyebab atau faktor resiko yang dapat membuat seseorang terkena gigitan nyamuk anopheles yang menjadi penyebab utama malaria yaitu :

1. Tinggal Pada Daerah Tropis

Nyamuk memiliki persebaran dan berkembang biak pada daerah yang memiliki tropis, seperti di Indonesia. Pada daerah tropis. Mungkin dapat mengalami gigitan-gigitan nyamuk, salah satunya adalah yamuk anopheles ini.

2. Daya Tahan Tubuh Yang Lemah

Jika anda memiliki daya tubuh yang bagus walau sudah tergigit oleh nyamuk anopheles akan sulit terserang malaria.Namun jika daya tubuh yang lemah dapat mempercepat timbulnya gejala dari malaria dan mudah terserang penyakit.

3. Nutrisi dan Gizi Yang Tidak Cukup 

Daya tahan tubuh yang erat sekali kaitannya denga kondisi pemenuhan gizi dan nutrisi pad tubuh. Semakin baik pemenuhan kebutuhan nutrisi manusia , maka semaki baik juga pula daya tahan tubuh terhadap penyakit, terutama malaria.

4. Lingkungan Tempat Tinggal

Nyamuk, dapat berlembang pada lingkungan yang kotor dan tidak higenis. Maka dari itu apabila tinggal dilingkungan yang kotor dan tidak terhigenis. Pasti memiliki salah satu orang dengan faktor resiko tinggi mengalami malaria. 


Cara Mencegah Malaria


Untuk mencegah terjadinya penyakit malaria sendiri, perlu dilakukan pembersihan lingkungan tempat tinggal, serta pencegahan akan tergigitnya tubuh oleh nyamuk pembawa plasmodium, seperti :


  • Tidak menimbun sampah rumah tangga dan barang bekas
  • Menanam tanaman yang dapat mengusir nyamuk
  • Mengoleskan lotion atau krim anti nyamuk
  • Selalu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal


Selain dari faktor lingkungan, kita juga dapat mencegah malaria dari dalam diri kita, yaitu :


  • Dengan meingkatkan daya tahan tubuh (berolahraga secara teratur, konsumsi makanan sehat yang bergizi tinggi)
  • Menghindari tempat-tempat yang kotor dan tidak steril


Itulah beberapa penyebab dari penyakit malaria, gejala dan bagaimana pencegahannya yang bisa kita mulai sejak dini.

Artikel Terkait Nyamuk Malaria Bisa Menyebabkan Kematian :