Penyebab dan Gejala Tumor Rahim



Penyakit Tumor rahim adalah jenis tumor yang sangat jinak yang berkembang pada rahim wanita. Tumor ini sedikit unik karena tidak ditemukan pada wanita yang belum masuk pubertas, dan hampir tidak ditemukan tumbuh menjadi besar pada wanita yang sudah dalam usia menopouse. Tumor Rahim banyak menyerang kelompok wanita berusia sekitar 30 tahun.

Gejala Tumor Rahim


Secara umum Gejala-gejla penykit tumor rhim adalah sebagai berikut :

  • Terjadinya pendarahan hebat pada area vagina.
  • Keluar cairan berbau tidak sedap dalam vagina.
  • Sering merasa sakit pada perut, terutama diawal siklus menstruasi.
  • Terasa ada tekanan pada perut.
  • Merasakan adanya benjolan keras di perut. 

Penyebab Tumor Rahim

Tumor Rahim Jinak dan sangat erat kaitannya dengan hormon estrogen dalam rahim seorang wanita. Beberapa kondisi penyebab terjadinya tumor penyebb Rahim pada seorang wanita adalah sebagai berikut :


  • Terjadinya perubahan produksi sel-sel abnormal dalam rahim.
  • Terbentuk sel-sel tidak berfungsi secara normal dalam rahim.
  • Terbentunya kerusakan sel dalam rahim atau sel tidk dapat berfungsi secara normal.

Diagnosis Tumor Rahim


Tumor rahim  terkadang didiagnosis secara tidak disengaja ketika Anda melakukan pemeriksaan ginekologi, melakukan tes, atau pencitraan tertentu. Hal ini terjadi karena tumor rahim seringkali tidak menimbulkan gejala sama sekali.

Jika mengalami beberapa gejala tumor rahim dan berlangsung cukup lama, segera cari tahu penyebabnya. Biasanya dokter akan menyarankan untuk menjalani pemindaian ultrasonografi (USG) untuk memastikan diagnosisnya atau mencari tahu penyebab kemunculan gejala yang Anda alami.

Pengobatan Tumor Rahim


Tumor rahim yang tidak memunculkan gejala tertentu, biasanya tidak memerlukan pengobatan khusus. Biasanya setelah masa menopause, tumor rahim jenis ini akan menyusut atau bahkan menghilang tanpa menjalani pengobatan.

Pengobatan akan dilakukan pada Tumor rahim yang menimbulkan gejala. Pengobatan ini berfungsi meringankan gejala yang muncul. Apabila pengobatan yang dilakukan tidak memiliki dampak yang efektif, pelaksanaan prosedur operasi perlu dilakukan.

Artikel Terkait Penyebab dan Gejala Tumor Rahim :