Mencegah Demam Berdarah Dengue



Demam berdarah disebabkan karena tubuh terinfeksi oleh virus dengue yang dibawa oleh serangga jenis artropoda,dalam hal ini adalah nyamuk aedes aegypti. Karena itulah, pencegahan DBD difokuskan pada pencegahan perkembangbiakan dan pembasmian sarang nyamuk tersebut.

Ketika seseorang terkena gigitan nyamuk Aedes aegypti, sekitar empat atau enam hari setelah terinfeksi, kemungkinan akan timbul gejala DBD, yaitu demam tinggi, sakit dibelakang mata, mual, muntah, nyeri sendi, kelelahan,munculnya ruam kulit pada dua hingga lima hari setelah demam.geja ini biasanya terjadi selama sepuluh hari.

Gejala-gejala tersebut dapat dikembang menjadi serius yang menyebabkan kerusakan pada kelenjar getah bening dan pembuluh darah, pembesaran hati, kegagalan sistem sirkulasi, perdarahan berat hinga kematian.

Namun belum ada vaksin untuk mencegah dmam berdarah. yang anda lakukan adalah mencegah gigitan nyamuk yang terinfeksi, serta beberapa ahal berikut sebagai pencegahan dari demam berdarah:


  • Menggunakan AC jika di dalam ruangan.
  • Menggunakan obat oles pencegah gigitan meskipun di dalam ruangan.
  • Memakai pakaian tertutup seperti lengan panjang, celana panjang, dan kaos kaki,ketika berada di luar ruangan.
  • Meutupi semua lbang yang ada pada jendela dan pintu dirumah agar nyamuk tidak bisa masuk.



Vitamin C untuk meningkatkan Imunitas tubuh 


Sistem imun in dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi berbagai nutrisi yang penting. salah satunya adalah Vitamin C.



Vitamin C juga dapat melindungi sel-sel tubuh, membangun menyembuhkan flu biasa, saert6a mengurangi depresi. Terdapat teori bahwa vitamin c memiliki manfaat antivirus, sehingga dapat digunakan untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh Virus.

Jambu Biji Buah Kaya Vitamin C



Anda bisa mendapatkan sumber makanan yang kaya vitamin c, salah satunya adalah jambu biji. buah yang kerap disebut guava ini, selain kaya vitamin C juga mengandung sedikit folat. Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa kadar vitamin C pada jambu biji empat kali lebih banayak dibanding jeruk.

Meskipun mengonsumsi makanan alamiah seperti buah, kadang-kadang takaran juga harus diperhatikan. Karenanya, jangan malas untuk membaja petunjuk takaran yang sesuai yang ada dikemasan, terutama jika ada mengonsumsi jambu biji dalam bentuk jus.

Bagaimana pun, mencegah lebih baik daripada menggobati, daripada anada terlanjur tergigit nyamuk yang terinfeksi virus demam berdarah dan harus menjalankan sakit serta menjalankan pengobatan.

Artikel Terkait Mencegah Demam Berdarah Dengue :