Mengenal Jenis serta Bahaya dari Penyakit Hepatitis

Mengenal Jenis serta Bahaya dari Penyakit Hepatitis | Hepatitis merupakan peradangan pada organ hati yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti akibat infeksi virus, gangguan metabolisme, konsumsi alkohol, penyakit autoimun, serta efek samping obat-obatan, komplikasi dari penyakit lain dan adanya kehadiran parasit dan bakteri dalam hati. Kondisi ini dapat merusak fungsi organ hati dan kerja hati sebagai penetral racun dan sistem pencernaan makanan dalam tubuh.



Selain akibat dari adanya virus, hepatitis juga disebabkan oleh seseorang yang sering mengonsumsi makanan yang tidak matang, penggunaan alkohol berat, bahkan dari akibat hubungan seksual dengan penderita hepatitis. Hepatitis yang disebabkan oleh virus sendiri terbagi dalam lima jenis. Yaitu hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D dan hepatitis E.

Lalu apa perbedaan dari jenis hepatitis tersebut?
  • Hepatitis A
Hepatitis A disebabkan oleh adanya infeksi virus yang menyebabkan virus hepatitis A ini mudah ditemui dalam makanan atau minumanyang terkontaminasi. Namun pada jenis makanan dan minuman yang tidak higienis atau dalam proses pengolahan makanannya yang tidak tepat. Sehingga hal tersebut bisa mengakibatkan seseorang untuk terkena penyakit Hepatitis A. Kondisi ini dapat menyebabkan pembengkakan pada hati tetapi jarang untuk terjadinya kerusakan yang bersifat permanen. Virus ini bisa menghilang sendiri dalam beberapa minggu saja. Anda bisa mencegahnya dengan melakukan vaksinasi hepatitis A.
  • Hepatitis B
Hepatitis B juga disebabkan oleh adanya virus yaitu virus hepatitis B yang menyebabkan peradangan hati yang menahun. Namun, hepatitis B tergolong  berbahaya dan menular di dunia. Penularannya pun berbeda dengan hepatitis A, hepatitis B ini ditularkan melalui pertukaran cairan tubuh atau kontak langsung dengan darah dari orang yang terinfeksi hepatitis B. Hal ini dapat terjadi seperti dalam penggunaan jarum suntik secara bersamaan, atau penggunaan sikat gigi yang terdapat darah secara bergantian.
  • Hepatitis C
Keadaan ini lebih parah dari penyakit hepatitis sebelumnya, karena virus hepatitis C sudah menyebar di dalam darah penderita. Kondisi ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual, darah (injeksi intavena dan transfusi darah), peralatan medis yang tidak steril atau ditularkan melalui ibu ke anaknya pada saat melakukan prosese kelahiran. Mengapa hepatitis C berbahya? Karena virus yang telah menyebar tersebut sulit untuk dihilangkan, sehingga dapat mengganggu fungsi liver. Vaksinasi hepatitis C pun sampai saat ini belum ada yang dapat melindungi seseorang dari penyakit tersebut.
  • Hepatitis D
Seseorang yang terkena hepatitis D, bisa terjadi jika seseorang tersebut pernah mengalami hepatitis B sebelumnya. Hepatitis D juga sering disebut sebagai virus delta, dimana virus cacat yang memiliki pertolongan virus hepatitis B untuk proses perkembangbiakan sehingga hanya ditemukan pada orang yang terkena hepatitis B. Penularannya pun, sama dengan hepatitis B. Dan orang yang mengalami kondisi tersebut bisa menyebabkan gagal hati yang akut. Vaksin untuk hepatitis D juga tidak ada, namun anda dapat melakukan vaksin hepatitis B agar terhindar dari hepatitis D.
  • Hepatitis E
Sama halnya dengan hepatitis D, hepatitis E juga mempunyai kemiripan dengan hepatitis A. Dimana hal tersebut dapat ditularkan melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi dari kotoran manusia ke mulutnya langsung. Penyakit hepatitis jenis ini menyebabkan infeksi yang bersifat kronis. Dan sampai saat ini pun belum ada vaksin hepatitis E yang tersedia secara komersial. Namun, anda bisa mencegahnya dengan pola hidup baik dan sehat.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyakit Hepatitis yang disebabkan oleh virus. Jika anda mengalami salah satu dari jenis hepatitis diatas, maka segeralah tangani sejak dini untuk menghindari terjadinya komplikasi yang serius. Disamping itu, anda bisa menggunakan tanaman atau obat herbal yang mampu mengatasi penyakit tersebut.

Sekian artikel yang dapat kami sampaikan, semoga artikel kami bisa bermanfaat serta anda bisa lebih berantisipasi agar terhindar dari penyakit Hepatitis apapun itu jenisnya. Terima kasih atas kunjungan anda dan Salam Sehat!



Artikel Terkait Mengenal Jenis serta Bahaya dari Penyakit Hepatitis :